Persiapan Penting Untuk Dilakukan Sebelum Menggunakan e-Billing Pajak Online

 

Ebilling Pajak

Apakah Anda pernah mendengar istilah e-billing pajak, sebelumnya? Ya, e-billing adalah salah satu bentuk inovasi terkini di bidang perpajakan yang disediakan oleh pemerintah. Inovasi yang dilakukan ini akan memberikan kemudahan perihal pengurusan dan pembayaran pajak. Hal ini dikarenakan e billing pajak online menggeser peran pekerja pada mesin.

Sesuai namanya, inovasi ini berbasis teknologi online. Dengan demikian, jika Anda menggunakan e-billing, maka pembayaran pajak bisa dilakukan langsung dari rumah tanpa perlu hadir ke kantor pengurusan pajak.

Tidak hanya kemudahan dalam pembayaran pajak, hadirnya e-billing juga memberikan manfaat yang lain termasuk keamanan. Dengan penggunaan e-billing, data wajib pajak nantinya akan tersimpan dengan rapi di sistem dan cenderung aman. 

Hanya saja, sebelum menggunakan layanan e-billing tersebut, ada beberapa persiapan penting yang perlu disediakan terlebih dahulu. Apa saja persiapan yang dimaksud? Simak ulasannya!

Persiapan dan Syarat Menggunakan Layanan e-Billing Pajak

Ada beberapa persiapan serta syarat yang perlu disediakan terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan layanan e-billing dari pihak perpajakan. Beberapa persiapan yang dimaksud tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1) Memiliki e-FIN

e-FIN atau Electronic Filing Identification Number merupakan nomor identitas yang diterbitkan oleh DJP untuk wajib pajak. Nomor ini adalah syarat agar wajib pajak bisa melakukan transaksi elektronik sebagaimana diinginkan dengan mudah.

Perlu diketahui bahwa ada dua jenis e-FIN yang disediakan yaitu e-FIN pajak pribadi dan e-FIN pajak badan. Keduanya bisa dibuat dengan sangat mudah secara daring. 

2) Kode e-billing 

Setelah mengurus e-FIN, maka wajib pajak nantinya juga harus memiliki kode e-billing. Kode ini sangat penting karena akan mempengaruhi proses pembayaran pajak yang hendak dilakukan.

Apa yang sebenarnya dimaksud dengan kode e-billing ini?

Nah, kode e-billing merupakan kode identifikasi yang akan diterbitkan melalui sistem billing DJP. Sesuai namanya, kode ini akan digunakan untuk penyetoran ataupun pembayaran pajak. 

Kode e-billing terdiri dari 15 angka. Perlu diketahui bahwa digit pertama merupakan kode penerbit billing sedangkan 14 digit angka di belakangnya merupakan angka acak yang random.

Kedua hal di atas merupakan persiapan yang sangat penting sebelum menggunakan layanan e-billing pajak online. Selain kedua syarat di atas, Anda sebagai wajib pajak yang hendak menunaikan kewajiban pembayaran pajak juga harus menyediakan data penunjang lainnya. 

Adapun beberapa informasi tambahan yang juga harus disediakan untuk memudahkan proses pembayaran pajak menggunakan e-billing adalah sebagai berikut:

Nomor transaksi

NPWP wajib pajak dan penyetor

Nama wajib pajak dan penyetor

Alamat wajib pajak

Kode jenis pajak

Kode jenis setoran

Masa pajak

Jumlah pajak yang harus dibayar/disetor

Tentu saja, informasi di atas harus diberikan dan dilengkapi sesuai perintah. Kelengkapan informasi nantinya akan memudahkan pengurusan pajak menggunakan layanan e-billing. 

Kelebihan Pembayaran Pajak Menggunakan Layanan e-Billing

Ada beberapa kelebihan pembayaran pajak yang dilakukan dengan memanfaatkan e-billing. Salah satu manfaat yang cukup mendasar adalah proses pembayaran pajak yang cenderung lebih mudah untuk dilakukan karena berbasis online sehingga tidak perlu datang ke kantor pengurusan pajak.

Selain itu, basis online yang digunakan akan menghapus keharusan antre saat pengurusan perpajakan. Poin ini tentu sangat menguntungkan karena tanpa antre, pembayaran pajak bisa dilakukan dengan sangat cepat.

Hal lain yang juga menjadi kelebihan pembayaran pajak dengan menggunakan layanan e-billing adalah keamanan data yang lebih baik. Semua data yang berkaitan dengan e-billing nantinya akan tersimpan pada sistem yang digunakan. Dengan demikian, risiko kehilangan data pada penggunaan e-billing pajak online menjadi sangat minimal.


Persiapan Penting Untuk Dilakukan Sebelum Menggunakan e-Billing Pajak Online Persiapan Penting Untuk Dilakukan Sebelum Menggunakan e-Billing Pajak Online Reviewed by Ayead Gaptek on 6:55 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.