Masalah Masalah Akibat Kurang Pengelolaan Sampah yang Tepat

 

Jsaa Kelola Sampah

Masalah sampah merupakan masalah yang sangat perlu mendapat perhatian serius dari berbagai pihak dan warga sekitar. Karena untuk saat ini sampah masih menjadi masalah yang tidak tertangani. Ini juga menyebabkan masalah-masalah akibat kurang pengelolaan sampah terus bermunculan dan tidak ada habisnya.

Jika sampah tidak dibuang dengan baik maka akan berdampak pada kualitas hidup, keindahan lingkungan, dan memperbesar kemungkinan terjadinya banjir, bahkan hingga masalah kesehatan. Tidak menutup kemungkinan sampah di kawasan sekitar akan menyumbat aliran air, mengganggu bencana alam seperti banjir dan kualitas kesehatan masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan yang penuh dengan sampah tersebut.

Ini juga menyebabkan berbagai jenis penyakit yang dapat terjadi seperti masalah saluran pencernaan tipus dan disentri. Faktor penyebaran penyakit ini adalah lalat dan nyamuk yang menginfeksi orang-orang di sekitar dekat dengan sampah yang menumpuk. 

Mungkin bisa saja tempat pembuangan sampah jauh dari lingkungan Anda, tapi pernahkah terpikirkan bagaimana dampaknya apabila sampah yang Anda buang terseret mengalir ke wilayah tertentu?

Dampak Buruk Terhadap Lingkungan

Dampak buruk dari penumpukan sampah pada lingkungan yang kotor dan pencemaran sampah meliputi beberapa hal, salah satunya pencemaran air. Pencemaran air dapat terjadi ketika sampah dibuang ke sungai daripada ke tempat sampah, yang sering terjadi di daerah terpencil di mana tim pengumpul sampah tidak dapat mengaksesnya.

Selain mencemari air sungai, pembuangan limbah atau sampah juga dapat menghambat pengolahan air tanah, yang tentunya menjadi kabar buruk mengingat air tanah sangat penting bagi manusia. Begitu juga dengan pembakaran sampah di pekarangan, karena terus membakar sampah, terutama sampah anorganik, dapat merusak lingkungan bahkan menambah gas kimia ke udara terutama formalin dan karbon monoksida. 

Dampak Buruk Terhadap Manusia

Selain berbahaya bagi lingkungan, pencemaran sampah dan lingkungan yang kotor juga bisa berdampak buruk bagi masyarakat yang tinggal di lingkungan tertentu. Misalnya, pencemaran limbah diketahui meningkatkan berbagai jenis infeksi saluran pencernaan dan banyak lagi. Sebab, jika sampah menumpuk tanpa dibuang pada tempatnya, jumlah hewan pembawa penyakit seperti lalat, tikus, nyamuk juga semakin banyak dan ini juga bukan satu-satunya dampak ini.

Dampak lain bagi masyarakat dari pencemaran lingkungan kotor dan sampah yang harus kita cegah adalah terjadinya penyakit saluran pernafasan. Hal ini sering terjadi karena cara menghilangkan sampah yaitu dengan membakar sampah tersebut. Sampah yang dibakar, terutama sampah anorganik, dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

Pengelolaan sampah yang tepat tidak diragukan lagi merupakan salah satu kunci utama untuk menjaga lingkungan yang sehat. Pengelolaan sampah yang tidak efisien menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan dan pencemaran limbah, yang tentunya dapat menimbulkan banyak dampak negatif bagi manusia dan lingkungan.

Dampak Buruk Terhadap Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah berasal dari limbah rumah tangga, industri dan pertanian. Sampah adalah pencemar utama dalam limbah rumah tangga. Hal ini mempengaruhi hujan asam dari kegiatan industri yang melepaskan mineral berbahaya dari pengikatan dan menurunkan pH tanah. 

Penggunaan pupuk kimia yang tidak terkontrol menyebabkan hilangnya nutrisi dalam tanah, yang mengurangi produktivitas lahan pertanian di daerah ini. Bersamaan dengan pelepasan pestisida ke dalam tanah, hal ini mempengaruhi berbagai organisme melalui rantai makanan.

Bagi setiap individu maupun perusahaan yang membutuhkan jasa kelola sampah, Waste4Change siap untuk membantu Anda dalam rangka menjaga kebersihan dan pelestarian lingkungan mulai dari pengelolaan sampah menjadikannya lebih bermanfaat. 

Masalah Masalah Akibat Kurang Pengelolaan Sampah yang Tepat Masalah Masalah Akibat Kurang Pengelolaan Sampah yang Tepat Reviewed by Ayead Gaptek on 4:24 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.