Konsep Tata Ruang Kantor yang Ideal

 

Konsep Tata Ruang Kantor

Kerja sama dengan jasa pindahan kantor merupakan langkah awal yang sangat baik untuk mewujudkan konsep tata ruang kantor yang lebih ideal. Terlebih jika tujuan utama Anda memindahkan kantor adalah untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan. Membuat karyawan merasa lebih betah dan bersemangat selama bekerja juga beraktivitas.


Konsep Tata Ruang Kantor yang Ideal

Bagaimana konsep tata ruang kantor yang ideal menurut kacamata Anda? Setiap orang kemungkinan besar memiliki pendapat yang berbeda. Agar pendapat yang Anda berikan bukan sekedar pendapat kosong, yuk simak contoh konsep tata ruang kantor ideal yang sudah ada sejak lama di bawah ini:


1. Memiliki Pencahayaan Alami 

Di dunia ini, ada 4 jenis tata ruang kantor yang digunakan. Pertama adalah tata ruang terbuka, kubikal atau yang lebih dikenal sebagai ruang kerja tertutup. Ada juga tata ruang dari gabungan keduanya dan terakhir adalah kantor berpanorama.


Dari keempat jenis tata ruang tersebut, perusahaan akan memilih salah satu untuk menciptakan nuansa kerja yang tepat. Terlepas dari jenis tata ruang yang Anda pilih, usahakan agar kantor memiliki pencahayaan yang baik dan alami. Anda bisa menambahkan banyak jendela berukuran besar atau sengaja membuat atap transparan. 


2. Penataan Ruang Berdasarkan Urutan Pekerjaan

Konsep tata ruang kantor ideal berikutnya adalah kantor yang mampu mewujudkan tatanan ruang berdasarkan urutan pekerjaannya. Tatanan ruangan seperti ini tidak hanya terlihat rapi tapi juga membantu karyawan mengerjakan pekerjaan dengan mudah dan cepat.


Karyawan dapat menjangkau ruang kerja yang mereka butuhkan tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga. Mereka juga tidak membutuhkan telepon kantor karena jarak ruang kerja yang sangat berdekatan. 


3. Akses Peralatan dan Fasilitas Kerja yang Mudah

Kantor merupakan lingkungan kerja yang terisi dengan berbagai perangkat mulai dari karyawan hingga benda mati yang digunakan mereka. Kemudahan akses peralatan dan fasilitas kerja merupakan konsep tata ruang kantor yang sudah banyak diadopsi oleh perusahaan besar.


Mereka terbiasa menggunakan lemari berukuran kecil atau besar untuk menyimpan berbagai peralatan kerja. Sementara yang disebut dengan kemudahan akses ke fasilitas kerja adalah tatanan jalan setapak yang memungkinkan banyak orang untuk melaluinya tanpa perlu saling bertabrakan. 


4. Memanfaatkan Ruang Lantai Kerja secara Maksimal

Bagian terakhir adalah konsep tata ruang kantor yang membantu perusahaan memanfaatkan ruang lantai kerja semaksimal mungkin. Dalam artian, tidak ada space yang benar-benar kosong. Semua bagian entah itu sudut kanan atau kiri dipergunakan sebaik dan seoptimal mungkin.


Jika dalam satu ruangan sudah memuat meja kerja dan lemari, maka tambahkanlah sofa atau ruang bersantai. Sofa ini bisa dimanfaatkan untuk menjamu tamu yang datang atau berdiskusi. Space kosong juga bisa diisi dengan berbagai barang seni yang unik.


Memilih jenis tata ruang sama sulitnya dengan membuat konsepnya. Kesalahan sekecil apa pun dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan para karyawan. Rencakan konsep tata ruang sematang mungkin seperti Anda memilih jasa pindah kantor yang berpengalaman berdasarkan review banyak pelanggan.

Konsep Tata Ruang Kantor yang Ideal Konsep Tata Ruang Kantor yang Ideal Reviewed by Ayead Gaptek on 10:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.