Pentingnya Lingkungan Sekolah untuk Anak

 

International Primary School

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang wajib terpenuhi oleh setiap orang, khususnya para generasi muda. Dewasa ini, sudah banyak didirikian sekolah-sekolah baik yang berskala nasional maupun internasional dalam rangka memudahkan generasi muda dalam menggapai cita-citanya. Salah satunya yakni sekolah International Primary School dari British School Jakarta (BSJ) yang merupakan sekolah dasar berbasis internasioal, dengan fasilitas pembelajaran yang lengkap dan tentunya menunjang pengetahuan siswa.


Penting bagi orang tahu untuk memperhatkan pendidikan anak. Pendidikan bahkan dapat menjadi faktor kesuksesan seseorang di masa yang akan datang. Oleh karena itu, banyak orang tua yang mendaftarkan anaknya ke lembaga sekolah, dengan harapan agar anak mereka mendapat pendidikan yang layak, sehingga menjadi sosok yang sukses dikemudian hari.


Pentingnya Lingkungan Sekolah untuk Anak

Sekolah merupakan sebuah lembaga atau bangunan yang digunakan sebagai tempat melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar. Secara sederhana, kegiatan pembelajaran dilakukan dengan cara pemberian materi pembelajaran, dari seseorang yang berprofesi sebagai guru kepada orang lain yang biasa disebut sebagai siswa. 


Sebuah sekolah, umumnya memiliki unsur-unsur yang menyertainya. Diantaranya yakni bangunan sekolah, siswa, guru dan peraturan sekolah. Dengan adanya unsur-unsur tersebut, pembelajaran di sekolah dapat diadakan dengan baik. Di indonesia sendiri, terdapat banyak jenis sekolah, diantaranya sekolah nasional, sekolah internasional, sekolah alam, dan sekolah rumah (hoomeschooling).


Setelah mengetahui definisi terkait sekolah, berikut akan dibahas mengenai pentingnya lingkungan sekolah untuk anak-anak.


1. Mendapatkan Pengetahuan yang Mumpuni

Tidak dapat dipungkiri, bahwa seseorang mampu memperoleh pengetahuan secara otodidak dengan cara membaca buku pelajaran maupun mengamati kejadian di sekitar. Namun, pengetahuan yang didapatkan melalui pembelajaran di sekolah tentu lebih baik dari pembelajaran secara otodidak.  Pasalnya, pengetahuan yang disampaikan oleh seorang guru, disesuaikan dengan tingkat pemahaman anak, sehingga lebih terkesan mudah dipahami. Selain itu, pembelajaran di sekolah memungkinkan anak untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.


2. Mengasah Kemampuan Anak

Selain mendapat pengetahuan, anak juga dapat mengasah kemampuan mereka di sekolah. Keterampilan seperti menyanyi, menggambar, berpidato dan keterampilan lainnya dapat diasah dengan cara mengikuti ekstrakurikuler yang terdapat di sekolah, maupun mengikuti perlombaan yang diadakan antar sekolah. Bahkan, pembelajaran di dalam kelas juga dirancang dapat mengasah kemampuan anak, seperti kemampuan berdiskusi dan berbicara di depan umum.


3. Membangun Karakter Anak

Setiap manusia diciptakan dengan karakter atau sifat yang beragam. Secara garis besar, karakter dapat dibedakan menjadi karakter positif dan karakter negatif. Tentunya, karakter positif inilah yang harus dibangun, agar tercipta manusia dengan kecerdasan intelektual dan emosional yang tinggi, guna memajukan sumber daya manusia di Indonesia.


Sekolah memiliki peran penting dalam membangun karakter anak. Membangun karakter anak di sekolah, dapat dilakukan dengan beragam cara, diantaranya yakni metode keteladanan, metode mengajarkan, metode diskusi, dan metode pembelajaran kooperatif.


4. Memiliki Relasi Pertemanan yang Luas dan Positif

Salah satu hal yang menyenangkan dari sekolah, yakni bertemu dengan teman-teman baik berupa teman sebangku, teman sekelas, hingga teman satu sekolah. Relasi  pertemanan seperti ini dapat terjadi di sekolah, baik secara langsung melalui perkenalan antar anak, maupun secara tidak langsung dengan cara metode diskusi yang diperintahkan oleh guru.   


Relasi pertemanan yang terdapat di sekolah, umumnya diawasi dan diarahkan oleh guru, sehingga interaksi yang terjadi antar anak dapat membawa dampak positif bagi masing- masing anak. Contohnya yakni pembelajaran diskusi yang memungkinkan anak berbaur dengan yang lain untuk membahas materi yang disampaikan.


5. Membangun Jiwa Nasionalisme

Nasionalisme merupakan sikap cinta tanah air. Pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial yang terdapat disekolah, siswa diajarkan untuk mengenal sejarah, kesenian dan budaya Indonesia. Pembelajaran seperti ini akan membuat siswa lebih mengenal Indonesia, sehingga akan tumbuh jiwa nasionalisme dalam diri mereka. 


Demikian pembahasan mengenai pentingnya lingkungan sekolah untuk anak. Oleh karena itu, dalam memilih sekolah untuk anak, diperlukan perhatian khusus. Orang tua harus memperhatikan kualitas sekolah, baik dari segi tenaga pengajar maupun fasilitas sekolahnya. 

Pentingnya Lingkungan Sekolah untuk Anak Pentingnya Lingkungan Sekolah untuk Anak Reviewed by Ayead Gaptek on 5:30 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.